Using Mikrotik RouterBoard For The First Time


Seperti judulnya, artikel kali ini akan membahas langkah-langkah awal setelah anda menginstal RouterOS atau membeli perangkat routerboard mikrotik. Untuk mengkonfigurasi router sendiri ada ada banyak cara, yaitu :
  1. CLI menggunakan Telnet, SSH, menggunakan kabel serial atau menggunakan keyboard dan monitor jika memiliki vga card.
  2. Melalui Web
  3. Menggunakan winbox
Setiap router memiliki default konfigurasi awal yang berbeda-beda menurut jenisnya, dan biasanya kalian tidak akan dapat meremote jika terhubung menggunakan kabel ke ether1 karena ether1 dikonfigurasi sebagai WAN port sehingga ada firewall sebagai default konfigurasinya.
Default user untuk login adalah admin tanpa password. Dan setelah login sangat direkomendasikan untuk membuat user baru dengan grup full dan menghapus user admin tersebut untuk alasan keamanan.

Command Line Interface

Tentu saja anda harus mengkonfigurasi router menggunakan baris-baris perintah.Metode ini biasanya tidak banyak yang menyukainya karena anda harus mengetikan perintah sendiri dan tentu saja harus menghafal syntax-syntax tidak seperti GUI.

  • Menu terminal pada winbox
  • Telnet
  • SSH
  • Kabel serial, dsb.
Jika perangkat anda memiliki port serial anda dapat menggunakan kabel serial kemudian menggunakan aplikasi HyperTerminal atau Putty pada Windows.
  • Keyboard dan Monitor
Jika perangkat anda memiliki VGA Card contoh saja PC anda dapat langsung menkonfigurasinya.

Graphical User Interface

  • WebFig
  • Winbox
Winbox adalah alat yang dapat meremote router menggunakan MAC maupun IP Protocol. Jalankan winbox kemudian masukan alamat MAC maupun IP pada menu Connect to.Pada tab neighbor anda dapat melihat daftar router yang ada pada satu broadcast domain anda.Koneksi menggunakn MAC sangat tidak disarankan untuk jangka panjang karena koneksi tersebut tidak stabil dan gunakan saja untuk konfigurasi pertama kali kemudian biasakan menggunakan IP.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon