Configure Mikrotik as Simple Access Point

Artikel kali ini akan memberikan tutorial singkat untuk mengkonfigurasi mikrotik sebagai AP. Artikel akan saya coba untuk ditulis seumum mungkin agar para pengguna mikrotik yang masih belajar seperti saya ini dapat dengan mudah memahaminya. Kenapa AP? Tentu saja untuk distribusi dengan media wireless atau tanpa kabel. Karena perangkat seperti smartphone dimana kebanyakan menggunakan wireless.

Konfigurasi Access Point



  1. Masuk pada menu Wireless. Pilih interface wireless yang akan difungsikan sebagai AP kemudian masuk pada tab Wireless. Pilih mode ap-bridge yaitu untuk mode AP Point to Multi Point yang artinya AP tersebut dapat menerima klien lebih dari satu. Kemudian Band sesuaikan dengan wireless card klien, Maksudnya klien dengan wireless card 2ghz standar B/G/N dapat terhubung ke AP tersebut. Kemudian Frequency pilih yang sedikit interferensinya atau bahkan tidak ada,Gunakan Tool untuk melihat perangkat-perangkat radio di sekitar.SSID diisi sesuai selera kemudian untuk menambahkan wireless security dapat membuat profile kemudian pasangkan pada parameter Security Profile. Dapat juga langsung mengedit profile default.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat security profile untuk wireless security.Masih pada menu Wireless kemudian pilih tab Security Profile pilih tipe autentikasi kemudian masukan Pre-Shared Key atau password.
  3. Langkah terakhir adalah memberikan IP Address untuk interface tersebut dan DHCP Server. Baca tutorial DHCP Server untuk konfigurasi. Sekian tutorial, semoga bermanfaat.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon