Configure Hotspot over EoIP

Ethernet over IP (EoIP) Tunneling is a MikroTik RouterOS protocol that creates an Ethernet tunnel between two routers on top of an IP connection. The EoIP tunnel may run overIPIP tunnel, PPTP tunnel or any other connection capable of transporting IP. 
When the bridging function of the router is enabled, all Ethernet traffic (all Ethernet protocols) will be bridged just as if there where a physical Ethernet interface and cable between the two routers (with bridging enabled). This protocol makes multiple network schemes possible. 

Pada waktu ini, hotspot adalah bisnis yang sangat diminati bagi para pegawai yang ingin mendapatkan tambahan uang tanpa perlu kerja lebih. Kenapa bisa begitu? Para remaja sangat membutuhkan akses internet, entah untuk bermain game,sosial media, streaming video dan lain-lain. Hal itu membuka peluang usaha bagi kita semua dengan menyediakan akses tersebut. Bisnis ini dapat dijadikan tambahan pemasukan dan bahkan dapat dijadikan pekerjaan utama jika sudah dapat mengcover seluruh Jogjakarta. kikiki

Konfigurasi yang bisa dibilang cukup mudah dapat menjadi alasan sendiri untuk merealisasikan bisnis tersebut. Tapi bagaimana jika menghadapi topologi dimana ada beberapa lantai dan Access point yang digunakan tidak terhubung secara langsung ke hotspot server. Contohnya seperti pada gambar.
Solusinya adalah membuat tunnel EoIP. Adalah protocol pada Mikrotik RouterOS yang membangun sebuah Network Tunnel antar mikrotik router di atas sebuah koneksi TCP/IP.Gampangya, EoIP memungkinkan kita membuat jaringan bridge melalui internet. Alasannya yaitu tentu saja management user yang terpusat dan juga perangkat AP yang dianggap tidak mampu menghadapi cobaan yang ada. Kikiki
Lalu bagaimana konfigurasinya?

Konfigurasi Hotspot over EoIP

  1. Sebelum memulai konfigurasi, pastikan router dengan AP sudah dapat terhubung/berkomunikasi.Intinya IP address, routing, dll sudah dikonfigurasi.Setting kedua AP dengan mode ap-bridge dan sesuaikan sesuai selera.
  2. Buat interface EoIP di AP. Yang perlu diperhatikan adalah remote address, diisi address hotspot server. Konfigurasikan di kedua AP dengan Tunnel ID yang berbeda.
  3. Buat interface bridge dan masukan interface EoIP dan juga interface wireless ke bridge tersebut. Lakukan di kedua AP
  4. Di router hotspot server buat juga interface EoIP Tunnel ke kedua AP.
  5. Buat interface bridge dan masukan kedua interface EoIP Tunnel tersebut ke bridge yang telah dibuat.
  6. Setup hotspot ke interface bridge. Jika belum paham cara setup hotspot dapat dibaca di artikel sebelumnya.
  7. Hubungkan laptop/smartphone ke AP dan halaman login tentu sudah muncul.
Sekian tutorial kali ini, tunggu tutorial selanjutnya

Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon